Komisi II DPR RI Akan Mempercepat Penyelesaian RUU ASN (Aparatur Sipil Negara)

2012/02/03
By

Pembahasan RUU Aparatur Sipil Negara akan dipercepat penyelesaiannya, sebagai tindak lanjut dari adanya dua RUU penting lainnya yang baru diterima di Komisi II. Nanang Samodra anggota Komisi II  yang juga Sekretaris Departemen Dalam Negeri DPP Partai Demokrat mengatakan. “RUU Aparatur Sipil Negara dan RUU Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta harus segera diselesaikan dalam waktu dekat, karena 2 RUU baru yaitu RUU tentang Pedesaan dan RUU tentang Pilkada juga tidak kalah pentingnya telah  menunggu untuk dibahas.

Nanang mengatakan bahwa Komisi II telah sepakat untuk berupaya mempercepat penyelesaian pembahasan RUU ASN tersebut dengan memilih metode pembahasan dengan menggunakan “Sistem Cluster (Per Substansi)”.

Selain itu, Panja ASN juga akan dibantu oleh para tenaga ahli yang terdiri dari Tenaga Ahli DPR dan Tenaga Ahli Pemerintah untuk mempercepat proses pembahasan penyelesaian RUU ASN.

Dalam pembahasan pada tingkat Panja  nantinya, unsur pemerintah akan diwakili oleh Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,  Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Hukum dan  HAM.  Diharapkan RUU ASN tersebut dapat disetujui menjadi Undang-Undang paling lambat awal bulan April 2012 mendatang.

Comments are closed.